Sabtu, 29 Januari 2011

Situs Jejaring Sosial

Sekarang ngomongin situs jejaring sosial nih..yang kian hari kian merebak dan jumlahnya makin gak keitung (maksudnyaa ..siapa juga yg mw ngitung? :P). Situs jejaring sosial merupakan web berbasis pelayanan yang memungkinkan para user dari berbagai belahan dunia untuk saling terhubung. Biasanya dilengkapi dengan profil penggunanya dan fitur-fitur lain. Berikut ini beberapa situs jejaring sosial yang berhasil saya 'jaring' dari hasil berselancar beberapa malam. O iya, postingan kali ini sudah saya link-kan dengan situs sosial terkait. Kalo mau lihat, tinggal klik di gambar
icon nya aja :

1. Friendster
Ini situs jejaring sosial pertama yang pernah saya miliki.Munculnya udah sejak tahun 2004 sih, tapi saya baru punya akun resminya tahun 2007 berhubung waktu ospek dulu salahsatu tugasnya adalah bikin akun di fs. Dulu sempet marak juga, tapi kemudian seiring perkembangan jaman posisinya kian tergeser dengan kehadiran Facebook.
Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.

2. MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antarteman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.

3. PLURK
Plurk, pasti sudah banyak yang dengar dan pakai jejaring sosial satu ini. Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk sendiri sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Kata 'Plurk' merupakan akronim dari Peace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akan memberikan reward kepada plurker (sebutan bagi user plurk) yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan jumlah respons terhadap plurk yang di posting seseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah perekrutan anggota baru.

4. Tumblr
Salah satu micro-blog atau jejaring sosial yang anda dapat coba. Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan sampai sekarang sudah memiliki user kurang lebih sebanyak 3 juta orang. Berdasarkan posting David Karp di Tumblr Staff blog pada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000 posting dibuat dan 15.000 pengguna baru setiap harinya.

5. Yahoo Meme
Yahoo! Meme atau sering disebut juga Yahoo! Mim, nama meme sendiri tidak memiliki arti khusus. Namun, istilah "meme" di web dikenal sebagai sesuatu yang menyebar dengan cepat dan perhatian semua orang. Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul "The Selfish Gene" karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1976. Kata "meme" menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama "Meme" tidak lain tidak bukan supaya Yahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.

6. Orkut
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009).

7. Bebo
Bebo adalah sebuah situs jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari 2005. Ini banyak dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan database user yang berbeda. Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, Bebo diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar. "Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".

8. LinkedIn
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya. CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006

9. Twitter
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.

10. Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

11. Hi5
Hi5 adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia (sebagian besar orang yang mengunjungi Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam browser mereka. Pendiri Hi5 sendiri yakni Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO. Pada bulan Januari 2009, Hi5 mengklaim dirinya memiliki lebih dari 60 juta anggota atau member aktif.

12.GetGlue
GetGlue, situs jejaring sosial berbasis entertainment, mengajak penggunanya me-rating berbagai topik, mulai dari film, musik, buku, topik tertentu, artis dan selebriti, hingga film seri di televisi.Pengguna layanan GetGlue dapat menyalurkan kesukaan terhadap hal-hal tertentu di bidang entertainment, dengan menekan tombol \ike dan melakukan review atau sekadar memberi komentar pada salah satu topik tertentu. Kalau Foursquare memberikan badge sebagai reward, GetGlue memberikan poin dan stiker. Stiker di Foursquare diberikan secara virtual, stiker dari GetGlue dapat dikirimkan ke rumah. Sejauh ini, GetGlue versi mobile sudah tersedia untuk iPhone dan Android. Sedangkan bagi pengguna BlackBerry, GetGlue dapat diakses melalui laman http//getglue.com/mobile.

13. MillatFacebook

Jejaring berbasis Islam ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan Facebook. Setiap pengguna dapat menuliskan pesan di dinding temannya. Situs ini juga memungkinkan pengguna mengirim foto, email, video, dan juga melakukan chat. Pendirinya adalah enam orang ahli IT asal Lahore, Pakistan. Dalam bagian Term of Serive-nya terdapat kalimat:
"Only Terms of using this website are: 1) You must respect Humanity 2) You must respect Believes of all People 3) No Disrespect to anyone"


Kalo yang ini, situs jejaring sosial yang Made in Indonesia:
1. Koprol
Koprol merupakan salah satu jejaring sosial made in Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika anda check-in (log-in) dengan ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS tanpa adanya aplikasi GPS di ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda dapat melihat user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yang sama). Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.

2. FUPEI
FUPEI-Friends Uniting Program Especially Indonesia- adalah sebuah situs jejaring sosial karya anak bangsa yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang memiliki kemampuan dalam kostumisasi profil Fupeis, games, blog, forum dan chatroom. Fupeis juga dapat menikmati photo album, musik, video dan ecard.

3. Ruang Muslim
RuangMuslim adalah situs jejaring sosial islami untuk muslim Indonesia.

4. Kongkoow
Kongkoow merupakan situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti akun email, file sharing, video streaming, dan blogging.

5.LiLO
LiLO, singkatan dari Little Online, dikembangkan sebagai medium berkumpul anak muda yang berkonsep virtual world society (VWS). Sandi Pinatabahri, Manajer Bisnis M-Stars, menyampaikan, “Kami mengembangkan LiLO ke arah VWS karena memang kami ingin memberikan tempat untuk anak-anak muda bersosialisasi, berkreasi, dan mengekspresikan dirinya di virtual world.”

6. Otofriends
Situs ini mengusung tema jejaring sosial dengan tagline “Community Gathering, Start From Indonesia”. Otofriends dikembangkan oleh mahasiswa asli dari Indonesia, sampai saat saya menulis posting-an ini, saya belum tahu siapa nama pasti mahasiswa tersebut, (pemilik tidak mengespost jati dirinya, hanya menisbahkan diri sebagai Team Otofriends) beberapa forum mengidentifikasinya sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia. Beberapa user yang telah bergabung, menilai akses Otofriends tergolong cepat dengan fitur komplit serta terus bertambah. Jika dibandingkan dengan Facebook, fitur Otofriends mirip Facebook. Fitur Otofriends dapat dikatakan merupakan kombinasi (gado-gado) dari Facebook, Yahoogroups, Friendster, bahkan Multiply.

7. DiGLi
DIGLI adalah situs pertemanan dengan rasa Indonesia dimana seluruh pengguna DIGLI bisa berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi.Lebih mudah mendapatkan temanDengan DIGLI, para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna DIGLI lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia sangat mendukung para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna-pengguna lainnya,kalau dalam penilaian situs ini menggabungkan antara facebook dengan kaskus.

8. Adandu
Adandu memiliki tampilan logo dan website yang didominasi warna merah-putih serta maskot berbentuk kartun bintang kuning. Adandu mulai diluncurkan dalam versi beta di bulan Oktober 2009. Berdasarkan data Alexa pada Mei 2009 laju pertumbuhan jumlah halaman website Adandu yang diakses (pageviews) dalam tiga bulan naik 6000%. Sedangkan laju waktu tinggal per orang (average time on site) tumbuh 2400%. Data ini menunjukkan meningkatnya jumlah dan loyalitas pengunjung yang mengakses website

9. Kombes

Dengan berbagai macam aplikasi untuk berintekrasi secara online seperti : chat room, im chat, forum, sharing video/audio, social bookmarking dll. Di forum kita dapat dengan bebas me-posting dan membuat topik, semua bebas dibicarakan asal jangan bertentangan dengan undang-undang seperti masalah pornografi, Sara, spaming dan sebagainya– admin akan mendelete hal-hal seperti ini dan pasti anda akan di kasih peringatan.

10. Ematoh
Situs Jejaring Sosial Indonesia dan SMS Gratis ini adalah halaman Web yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan apa yang Anda lakukan setiap saat dalam pesan 140 karakter. Biasanya ini cukup untuk mengekspresikan perasaan Anda atau apapun yang ingin Anda katakan. Perasaan anda juga dapat diwakilkan dengan macam-macam icon smiley yang dapat anda pilih pada menu smile. Dapatkan juga Kirim SMS Gratis Unlimited ke Indonesia Semua Operator GSM dan CDMA. Anda bisa memilih Kirim sms dalam bentuk SMS Default atau Flash SMS, SMS GRATIS ini ke semua operator GSM dan CDMA Indonesia antara lain : (Telkomsel) Simpati, As, Halo, (Indosat) Mentari, Matrix, IM3, Starone, XL, (Natrindo) AXIS, (Hutchison) 3, (Telkom) Flexy, (Bakrie) Esia, Wifone, (Mobile-8) Fren, Mobi, Hepi, (Sampoerna) Ceria, Smart.

11. MosqueLife
Inilah situs jejaring sosial Islami yang berbasis di Indonesia. Konsepnya seperti model Foursquare, bedanya MosqueLife memperkenalkan sebuah bentuk checkin unik, yaitu checkin ke AlQur'an. Jadi info lokasi di sini adalah sampai pada surat apa dan ayat berapakah bacaan Al Qur'an kita hari ini? Hmm,, situs yang sangat saya anjurkan untuk coba di-register. Sebab di sini kita bisa ikut termotivasi untuk lebih dan lebih lagi membaca dan memahami ayat-ayat Al Qur'an. MosqueLife dapat membantu Facebooker untuk berbagi ayat-ayat Al Qur'an setiap hari dengan teman-teman mereka.

12. Ngeteh
Ngeteh adalah sebuah situs web jejaring sosial indonesia yang diluncurkan pada bulan Januari 2011. Ngeteh didirikan oleh Yasirli Amri, Bandung, Indonesia. Pria berkelahiran Riau itu mendirikan Ngeteh.com untuk seluruh masyarakat indonesia untuk mencari teman dan berinteraksi secara online.
13. Okkot
14. ikhwahfillah
15. Nahnumuslim
16. CMnet
17. Muslimbook
18. Kayakiye.com
19. Madina.com


Woofffh!
Listnya jadi banyak gitu ya..hmm.. yang nulis aja gak nyangka bakal jadi sebanyak itu. ini aja, saya yakin masih ada yang belom masuk list.
Melihat banyaknya jumlah situs jejaring sosial yang tersedia saat ini, ga ada salahnya kok kita memanfaatkan situs jejaring sosial untuk selalu terhubung dengan kawan-kawan kita dimana pun berada. Yah, kalo saya sendiri sih sampai saat ini malah baru punya akun di 5 macam situs jejaring sosial aja. Itupun yang aktif digunakan cuma 2.

Tapi, sekarang sudah tersedia aplikasi yang menghubungkan satu macam situs jejaring sosial dengan yang lain. Misalnya, jika kita menggunakan Yahoo! Pulse, status update yang kita buat di situs ini bisa juga ditampilkan ke situs jejaring lainnya, seperti Facebook, Twitter, dll dengan hanya memberikan tanda checklist pada kotak yang tersedia. Link antar jejaring sosial ini memudahkan kita untuk tetap eksis di tiap akun yang kita miliki. Bahkan sekarang sudah tersedia situs yang menyediakan fasilitas bagi mereka yang ingin membuat situs jejaring sosial sendiri semacam Facebook, Twitter, dll dan itu gratis. (silakan liat ini LINK)

Pesan saya, manfaatkan teknologi secara bijak. Jangan malah segala kemudahan yang ada ini jadi penyebab rusaknya hubungan sosial kita di dunia nyata. (Baca postingan saya sebelumnya di: Intermezzo). Kalo udah keasyikan di dunia maya, jangan lupa ma dunia nyata. :)
Salam damai!

0 tanggapan pembaca ^_^:

Poskan Komentar

 
Copyright 2011 HandsLife. Designed by Cute Templates Blogger.
Thanks to: Link 1, Link 2, Link 3.