Kamis, 12 Juli 2012

Banana Strawberry Muffin


Sabtu sore  kemarin  nyobain resep muffin. Udah lama ada niatan bikin muffin.Yaa...apalagi kalo bukan karena saya teramat suka dengan kue manis asal negara Inggris ini. Setelah sebelumnya sempat 2X bereksperimen dengan proll tape, (eh, belum posting tentang proll tape disini yakk??) akhirnya kesampaian juga bikin muffin sendiri di rumah. Dan Alhamdulillah hasilnya nggak kalah kok sama yang dijual di mall-mall itu *nyammm~ :9* Coba cek di bawah ini untuk resepnya:

Alat:
12 buah cup muffin ukuran besar (bahan kertas cup muffin yang kaku)
1 buah loyang ukuran sedang (yang bisa menampung ke 12 cup muffin karena akan digunakan sebagai tatakan saat proses oven)

Bahan:
2 buah pisang matang ukuran besar, haluskan
2 butir telur ayam ukuran besar
1 sdt vanilla extract (berhubung nggak punya, saya ganti dengan panili)
113 gram mentega, lelehkan
240 gram fresh strawberry (potong kecil-kecil)
295 gram all purpose flour (saya pakai tepung terigu segitiga biru)
160 gram light brown sugar (saya pakai gula palem, jika kurang manis tambahkan 2 sdm gula pasir atau menurut selera)
1,5 sdt baking powder
0,25 sdt baking soda
1 sdt kayu manis bubuk


Cara Membuat:
1. Siapkan mangkok sedang, masukkan telur &aduk perlahan dengan spatulla. Tambahkan vanilla extract dan pisang yang telah dihaluskan.
2. Siapkan mangkok besar, masukkan tepung terigu, baking powder,baking soda, bubuk kayu manis (cinnamon) dan garam, aduk-aduk dengan spatulla. Masukkan potongan strawberry, aduk perlahan dengan spatulla sampai semua potongan strawberry telumuri strawberry seluruhnya. Hal ini agar kita mendapatkan hasil akhir muffin dengan strawberry yang muncul di permukaan muffin.
3. Masukkan adonan dari mangkok sedang ke dalam mangkok besar. Aduk-aduk adonan secara perlahan, tetapi jangan terlalu banyak mengaduk sebab adonan bisa menjadi keras jika kita terlalu banyak mengaduk.
4. Ambil adonan dengan ice cream scoop (tujuannya agar ukuran adonan sama untuk setiap cup muffin) kemudian masukkan ke dalam cup muffin ukuran besar.
5. Masukkan cup muffin yang berisi adonan ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 177 derajat celcius dan panggang selama 20 hingga 25 menit.


Tips:
Untuk memastikan apakah muffin di dalam oven sudah matang atau belum. dapat menusuk muffin dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi yang ditusukkan kemudian dicabut dari muffin adalah bersih, itu berarti muffin telah matang. Tetapi jika tusuk gigi kotor, itu berarti muffin harus dipanggang lebih lama lagi.


Hasil: 12 cup muffin ukuran besar


Tips:
Untuk memastikan apakah muffin di dalam oven sudah matang atau belum. dapat menusuk muffin dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi yang ditusukkan kemudian dicabut dari muffin adalah bersih, itu berarti muffin telah matang. Tetapi jika tusuk gigi kotor, itu berarti muffin harus dipanggang lebih lama lagi.


Untuk Anda yang suka healthy food, makanan ini cocok karena takaran pisang dan strawberry nya cukup banyak. Kalo menurut saya sih, bagi yang ingin rasanya lebih mantap lagi it's better to replace the strawberries with chocochips. Nanti namanya berubah jadi "Choco Banana Muffin".

0 tanggapan pembaca ^_^:

Poskan Komentar

 
Copyright 2011 HandsLife. Designed by Cute Templates Blogger.
Thanks to: Link 1, Link 2, Link 3.