Jumat, 23 April 2010

intermezzo

Sebenarnya saya kurang setuju dengan umpatan-umpatan yang dilontarkan oleh beberapa orang di facebook. Sangat mengganggu saya rasa (ini tidak termasuk yang tujuannnya hanya sebagai candaan antar teman ya). Meskipun mungkin umpatan-umpatan tersebut tidak ditujukan kepada diri saya sendiri, tetapi membacanya sebagai orang asingpun bisa membuat saya kehilangan respect terhadap orang yang bersangkutan. Ya, meskipun sempat saya tergoda untuk melakukan hal yang sama, tetapi kemudian pikiran panjanglah yang bantu menyelamatkan saya dari tindakan bodoh itu.
Mungkin bisa jadi saat itu saya sedang emosi. Tapi bagaimanapun juga meluapkan emosi tidak ada manfaatnya. Berpikir panjanglah! Pikirkan bagaimana cara menyelesaikan masalah yang membuat kita emosi itu dengan kepala dingin. Jika belum bisa saat itu juga, diamlah untuk beberapa saat hingga teredam, dan kemudian bertindaklah dengan kepala dingin. Jujur saja, saya pun juga bukan orang yang sebersih itu. Tapi setidaknya, saya selalu berusaha menanggapi masalah tidak langsung dengan emosi. Pikirkan matang-matang kenapa begini, kenapa begitu, ada apa di balik kejadian ini, ada apa dibalik kejadian itu, dan tindakan dengan kepala dingin untuk penyelesaian masalah yang terjadi adalah jauh lebih baik dibanding jika kita terus meluap-luapkan emosi.

0 tanggapan pembaca ^_^:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 HandsLife. Designed by Cute Templates Blogger.
Thanks to: Link 1, Link 2, Link 3.