Senin, 06 Juni 2011

Kenapa Nge-Blog?

Tulisan ini sebenarnya sudah dibuat beberapa bulan yang lalu, tapi baru kali ini dimunculkan di halaman ini

1. Sharing is Caring
Tempat berbagi beberapa ilmu yang pernah didapat dari guru, dosen, mentor, dan guru-guru tanpa title dalam kehidupan. Karena ilmu tak akan habis untuk dibagi dan saya lebih senang jika ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat bagi orang lain. Sedari dulu saya sekolah adalah di sekolah negeri, jenjang kuliah pun saya lalui di universitas negeri. Sebagai salahsatu bentuk balas budi terhadap negeri yang telah baik hati ini, melalui web inilah saya mencoba menyalurkan ilmu yang saya ketahui dari bangku pendidikan yang pernah saya lalui. Alasan yang satu ini terlihat muluk..but it's better than doing nothing, right?

Ali radhiyallahu ‘anhu pernah berkata:
“Ilmu (agama) itu lebih baik dari harta. Ilmu akan menjagamu, sedangkan harta mesti engkau menjaganya. Harta akan berkurang ketika dinafkahkan, namun ilmu malah bertambah ketika diinfakkan.”
Disebutkan juga dalam suatu pepatah:
Jika anda ingin bahagia, bahagiakanlah orang lain
Jika anda ingin kaya, bersedekahlah
Jika anda ingin pandai, mengajarlah
2. Menulis di blog membantu dalam mengingat ilmu-ilmu yang pernah saya dapatkan. Blog jadi semacam catatan kecil bagi saya.

3. Blog sebagai tempat menyimpan beberapa file kuliah, agar jika dibutuhkan lagi kelak lebih mudah untuk ditemukan.

4. Blog sebagai sarana komunikasi, mencari ilmu, berbagi ilmu dan menambah teman. Melalui aktivitas blogwalking dan saling tukar link dapat memperkaya ilmu pengetahuan serta mengetahui pembahasan suatu masalah dari sudut pandang orang lain.

5. Blog sebagai pengisi waktu luang.
Saat ini saya sedang berada dalam proses mengurangi waktu yang terbuang percuma hanya dengan tidur yang berlebih, melamun, nonton tv atau main games yang jika dilakukan dalam porsi yang kelewat banyak akan menjadi hal yang sia-sia. Salah satunya adalah dengan blogging ini.
Ibnul Jauzi rahimahullah berkata:
“Kadang-kadang manusia itu sehat, tetapi dia tidak longgar, karena kesibukannya dengan penghidupan. Dan kadang-kadang manusia itu cukup (kebutuhannya), tetapi dia tidak sehat. Maka jika keduanya terkumpul, lalu dia dikalahkan oleh kemalasan melakukan kataatan, maka dia adalah orang yang tertipu. Kesempurnaan itu adalah bahwa dunia merupakan ladang akhirat, di dunia ini terdapat perdagangan yang keuntungannya akan nampak di akhirat.
Maka barangsiapa menggunakan waktu luangnya dan kesehatannya di dalam ketaatan kepada Allah, maka dia adalah orang yang pantas diirikan. Dan barangsiapa menggunakan keduanya di dalam maksiat kepada Allah, maka dia adalah orang yang tertipu. Karena waktu luang akan diikuti oleh kesibukan, dan kesehatan akan diikuti oleh sakit, jika tidak terjadi maka masa tua (pikun)."
6. Blog juga sebagai media untuk melatih kemampuan menulis.
Tidak ada salahnya dengan belajar menulis, saya juga masih pemula :") dan semoga bisa menjadi lebih baik. Aamiin.
Jangan menunggu ide untuk menulis, tetapi menulislah maka idepun akan muncul.
Jangan menunggu pekerjaan untuk menjadi kaya, tapi bekerjalah niscaya engkau akan menjadi kaya.

7. Blog sebagai media untuk menumbuhkan kebiasaan produktif.
Beberapa dari kita mungkin memiliki hobi membaca atau mendengarkan musik. Membaca dan mendengarkan musik juga merupakan kegiatan yang saya senangi. Mungkin membaca juga menambah ilmu tetapi di sisi lain kita tidak melihat hasil nyatanya secara langsung, jadi melalui blog ini juga lah saya mencoba membuat kebiasaan membaca itu menjadi produktif, yang antara lain adalah menuliskan pengetahuan-pengetahuan yang didapatkan dari membaca untuk kemudian dibagi dengan orang lain.

tambahan:
oya, beberapa waktu terakhir blog lebih sering saya jadikan sebagai bentuk terima kasih terhadap banyak hal, agar selalu ingat: Allah itu Maha Baiiiiiiiiiiiik :') *serius*

Okey, untuk sementara sekian dulu list alasannya.

0 tanggapan pembaca ^_^:

Posting Komentar

 
Copyright 2011 HandsLife. Designed by Cute Templates Blogger.
Thanks to: Link 1, Link 2, Link 3.