Kamis, 10 Juni 2010

ARISA : 1st day

Inilah hasil perjuangan saya setelah melewati beberapa langkah nekat :p. Mulai dari pencarian saya di perpustakaan tentang perusahaan assembly elektronik (bukan kendaraan), membuka-buka semua laporan KP kakak-kakak senior dan tidak menemukan. Kemudian beralih ke pencarian melalui internet tentang perusahaan assembly di sekitar semarang yang tidak juga tertemukan. Begitu menemukan satu, yang katanya di kawasan Ngaliyan (dekat rumah) ternyata setelah saya beranikan dengan nekat naik motor sendiri untuk pertama kalinya dari Tembalang berkeliling ke daerah Semarang bawah sampai ke Ngaliyan ( sempat nyasar juga, hohhoo..) hingga sore hari menjelang malam dan tidak juga menemukan. Sampai di rumah mendapat teguran dari ibu yang khawatir bukan main tahu anak perempuannya pulang naik motor sendiri . Pembuatan surat ijin dari pihak kampus yang ternyata perlu waktu menunggu berjam-jam untuk mendapatkan tanda tangan ijin dari dosen karena saat itu beliau sedang menguji sidang kakak angkatan 2006. Hingga pencarian stempel dari universitas yang hampir gagal dan sempat membuat saya menangis saat itu karena suatu hal yang saya tidak perlu menyebutkan kenapan (saya sudah menganggap masalah ini selesai). Dan perjuangan menuju PT ARISAMANDIRI PRATAMA yang terletak di daerah Karangawen untuk memasukkan surat ijin pengambilan data. Yang pada saat itu kondisi saya sudah sangat lelah karena dari pagi di kampus mengurus surat ijin yang cukup menyita waktu, mempersiapkan presentasi, kuliah dan presentasi huh..huh..huh.. (ngos-ngosan).

Pada tanggal 9 Juni 2010 lalu, akhirnya saya melakukan kunjungan ke PT. ArisaMandiri Pratama. Sesuai dengan surat ijin penelitian yang saya dapatkan dari pihak perusahaan. Lokasi pabrik yang terletak di jalan raya karangawen km.20 semarang ini membuat saya memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke sana dari rumah. Beruntung sekali saya, sebab pada perusahaan ini jam kerja dimulai pukul 8.30. Tujuan saya melakukan kunjungan ke perusahaan tersebut adalah untuk memperoleh data sebagai bahan menyelesaikan tugas besar mata kuliah Advance Statistical Process Control. Sesampainya di sana, saya langsung menuju pos satpam dan menyerahkan kartu identitas untuk ditukar dengan co-card tamu yang harus saya pakai selama berada di dalam lokasi pabrik. Kemudian saya di arahkan ke bagian front office untuk menemui pihak HRD. Setelah pihak HRD mempelajari penjelasan dan surat ijin yang sudah saya masukkan beberapa hari sebelumnya, akhirnya saya ditempatkan di bagian Quality Assurance Electronic : Assembly Line 3.

Dari bagian depan, pabrik ini terlihat tidak terlalu luas. Tetapi begitu melihat lebih lanjut ke dalam, ternyata pabrik ini sangat besar. Gedung produksinya saja sudah mencapai 18 buah (diberi nama dari huruf A hingga R). Sepengetahuan saya, gedung C untuk proses pembuatan komponen-komponen yang terbuat dari plastik dengan menggunakan alat molding, seperti: mainan balok plastik anak-anak, tutup botol plastik, komponen cam untuk DVD, dll. Gedung G juga dipergunakan untuk pembuatan komponen dari plastik dengan proses molding, tetapi produk yang dihasilkan di sini berbeda, dari pengamatan yang telah saya lakukan di gedung inilah diproduksi komponen CD Tray, Mainframe DVD,dll. Masing-masing gedung memiliki kegiatan yang berbeda-beda. Kebetulan saat itu saya melakukan survei di gedung P, yaitu gedung paling ujung.

Dengan ditemani Ibu Tarmi dari bagian HRD, kami menuju gedung P dengan jalan kaki. Selama perjalanan itulah saya diberitahu bahwa perusahaan sedang mencoba menerapkan 5R (resik, rapi, ringkas ,r , r maap lupa :p) . Sebagai salahsatu bentuk penerapannya yang saya lihat pada waktu itu adalah dengan dibuatnya jalur khusus untuk mereka yang jalan kaki menuju lokasi pabrik. Di sekitar gedung – gedung pabrik yang ada telah dibuat garis kuning di bahu jalan, dan menurut aturan, pejalan kaki tidak diperbolehkan melewati garis kuning tersebut. Saya lihat penerapannya memang baik, berdasar pengamatan saya ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya kecelakaan sebab di tempat itu banyak forklift yang digunakan untuk mengangkut barang-barang. Beberapa pekerja memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi untuk berpindah dari satu gedung ke gedung lainnya. Sebab, berdasarkan hasil perhitungan saya sendiri (kira-kira), jarak antara pagar masuk di depan dengan gedung paling ujung (gedung P) ada sekitar 1300 langkah kaki ( 1000 meter mungkin).

Di gedung P, saya dipertemukan dengan Bapak Budi Arianto bagian QA Electronic. Sebagai informasi saja, Pak Budi (Pak B.A. panggilannya) ini adalah seorang lulusan Teknik Elektro yang bekerja di bagian Quality Assurance. Kemudian saya menjelaskan tujuan pelaksanaan survei ke pabrik tersebut kepada beliau. Dan selanjutnya saya diajak keliling melihat pelaksanaan proses assembly di line 3 sekaligus dijelaskan mengenai proses pengontrolan kualitas yang dilaksanakan di bagian tersebut. Assembly line 3 melakukan assembly untuk produk DVD. Menarik sekali karena untuk pertama kalinya saya melihat secara langsung proses perakitan DVD. Terlebih para pekerjanya yang ramah-ramah memberikan senyum saat saya melihat proses perakitan itu. Prosesnya dibagi menjadi 3 bagian yaitu proses perakitan untuk sub assy front pannel, sub assy touch up, serta sub assy mechanic. Untuk tiap stasiun kerja ( 1 stasiun kerja 1 pegawai), dilakukan pemeriksaan kualitas hasil kerja dari stasiun kerja sebelumnya. Jika terjadi kekeliruan, benda kerja akan dikembalikan ke stasiun kerja sebelumnya yang berkaitan (kalau masih bisa diperbaiki) atau dibuang (kalau tidak mungkin diperbaiki). Satu - persatu proses perakitan dilakukan hingga selesai.

Kemudian saya diajak ke bagian pengolahan datanya dan diberi penjelasan mengenai data-data kecacatan yang terjadi. Di situ saya mendapat banyak sekali informasi dan saya bisa melihat secara langsung praktik kerja pengendalian kualitas di sebuah perusahaan. Memang berbeda sekali rasanya jika kita melakukan pengamatan secara langsung jika dibanding dengan belajar di dalam kelas. Untuk terjun secara langsung di tempat kerja, tentu saja kita tidak hanya memerlukan kecerdasan dalam hal hitung-menghitung, tetapi perlu adanya interaksi dengan orang-orang lain. Biasanya kalau dalam soal-soal kuliah kita langsung diberi data mentahnya, kalau dalam praktek kerja kita harus melakukan pengukuran-pengukuran untuk memastikan sendiri kualitas barang yang dihasilkan. Jadi data yang diambil tidak keluar begitu saja, tetapi kita harus mengukur sendiri.

Itulah sekilas cerita mengenai kunjungan saya di PT ARISAMANDIRI PRATAMA. Meskipun hingga saat ini data yang saya dapatkan belum lengkap (rencananya sih, saya akan kembali lagi ke sana dalam waktu dekat ini), tetapi banyak sekali pengalaman yang saya peroleh dari sana.

Sebuah pengalaman yang sangat berharga, bisa melihat secara langsung proses produksi di suatu perusahan besar. Dengan ditemani dan disambut ramah oleh para pekerja di sana. Paling tidak, saya telah mendapat gambaran bagaimana sih kerja seorang Quality Assurance dalam sebuah perusahaan. Apa-apa saja tanggungjawabnya dan bagaimana koordinasi antar bagian sangat diperlukan untuk menghasilkan produk dengan kualitas baik sehingga dana yang dikeluarkan untuk barang ‘defect’ dapat diminimumkan. Sekarang yang tersisa adalah ... kebingungan saya mengolah dan menganalisa data-data yang telah saya dapatkan serta mempersiapkan presentasi di hadapan teman-teman semua.. so, jalani saja dan persiapkan sebaik mungkin! Alhamdulillah

4 tanggapan pembaca ^_^:

Unknown mengatakan...

mbak kalo ak mau melakukan penelitian disana langkah awalnya apa dl, ak langsung kesanakah bertanya2 apa langsung buat surat ijinnya dl br kesana ya mbak, soalnya sudah kemanapun hasilnya nihil :(

Hilda mengatakan...

Saya sarankan bertanya terlbih dahulu kepada pihak perusahaan untuk mengetahui apakah dalam waktu dekat pihak perusahaan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian di sana dan hal lain yang terkait dengan penelitian. Kalau dari luar kota, mungkin bisa menghubungi bagian hrd melalui telepon untuk bertanya baru kemudian memasukkan surat ijin dan proposal penelitian ke perusahaan. Sukses!

bola mengatakan...

hari kerjanya 5 hari ato 6 hari mbak dalam seminggu?

Cintia Fanika Dewi✿ mengatakan...

6 hari

Posting Komentar

 
Copyright 2011 HandsLife. Designed by Cute Templates Blogger.
Thanks to: Link 1, Link 2, Link 3.