Sabtu, 12 Juni 2010

ARISA : 2nd Day

Agak siang hari ini saya berangkat menuju PT ARISAMANDIRI PRATAMA. Berangkat dari rumah pukul 6.45 diantar dengan mobil oleh kakak laki-laki saya (lagi..oh, thank’s bro! ). Kondisi jalanan sudah sangat padat saat itu, maklum jam-jam orang terburu-buru masuk kantor & sekolah. Mampir dulu ke rumah sakit Dr. Kariadi untuk mengantar ibu kerja di sana (tiba di RSDK pukul 07.30), melewati jalan pahlawan, daerah Milo, muter lewat daerah mberok (agak salah jalan sebentar karena niatnya mau potong jalan malah nyasar :p no problem bro.. dan sampailah ke daerah Penggaron. Melewati sebuah pusat perbelanjaan (Giant). Jalan terus.. hingga ke Karangawen. Sampai di sana sekitar pukul 8.15. Berhubung dari rumah belum sarapan, kami (saya & kakak) mencari warung soto. Agak sulit rupanya mencari warung makan di daerah itu di pagi hari, tetapi akhirnya ketemu juga dengan warung soto surabaya. Selesai makan, ternyata jam sudah menunjukkan pukul 8.45. Langsung saja kami menuju PT ARISAMANDIRI PRATAMA. Selanjutnya saya kembali melakukan ritual menukarkan kartu identitas dengan co-card dan mengisi buku tamu di pos satpam. Masuk pabrik dan menuju ke bagian lobi perusahaan. Bertemu dengan bagian HRD (Ibu Tarmi) yang memberikan arahan kepada saya. Kemudian menunggu Bapak Budi Arianto di dalam ruang tunggu. Berhubung agak lama, saya sempat main game di hp sebentar (hp kakak tentunya, hp saya saat itu mati suri.. *baca: batere habiz). Bertemu dengan pak B.A., kemudian berbincang sebentar dan menjelaskan keperluan saya, seperti sore hari sebelumnya saat saya menelepon dan mengabari akan kembali untuk melengkapi data-data yang diperlukan. Lalu saya diajak berkeliling kembali. Sekarang ke gedung C.


Bagian ini ternyata yang memproduksi barang-barang yang terbuat dari plastik. Campuran bahan kimia dimasukkan ke dalam mesin molding, kemudian operator memasukkan entah kode atau instruksi apa ke mesin dan tidak lama kemudian muncullah barang-barang plastik, seperti: balok-balok plastik mainan anak, cam (komponen DVD), tutup botol plastik, dll. Seorang pekerja duduk di samping mesin molding untuk melakukan pengecekan terhadap seluruh plastik hasil produksi mesin molding (satu-persatu!). Memastikan produk plastik untuk tidak terlalu melengkung, jumlah partnya lengkap, bentuknya sempurna, dll. Setelah itu masih ada lagi pengecekan kualitas pada produk plastik tadi dari pihak QA dengan pemeriksaan dimensi, visual, maupun berat. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan alat ukur calliper, mistar dan timbangan. Metode pengambilan sampel yang digunakan oleh bagian QA adalah AQL, yaitu sebanyak 13 buah untuk 1 shiftnya (ada 3 shift di bagian molding). Seorang pekerja bagian QA akan membuat report untuk hasil pengecekan kualitas per shift setiap harinya.

Menarik sekali melakukan kunjungan perusahaan seperti ini. Banyak pengetahuan yang didapat dan dari kunjungan – kunjungan seperti inilah saya jadi merasa lebih menghargai banyak hal. Bukan hanya menambah pengalaman, tetapi dengan kunjungan – kunjungan seperti inilah pengetahuan saya bukan hanya bertambah, tetapi saya malah makin merasa sangat banyak sekali ilmu di luar sana yang masih belum saya ketahui. Dan masih banyak hal menarik di luar sana yang siap untuk dipelajari, jika kita mau. Keanekaragaman yang sangat indah. Coba saja kalau sejak kecil kita diperkenalkan dengan hal-hal seperti ini, tentu cita-cita anak-anak kecil tidak akan melulu menjadi dokter, polisi, dll. Jika mereka diberikan banyak masukan dan pilihan, saya pikir akan banyak hal menarik lain yang siap untuk digeluti. Sekarang tinggal bagaimana cara kita mempersiapkannya. (ah,,, ceritanya jadi ngelantur kemana-mana nih..gapapa deh :p)

Ayo.. ayooo.. pabrik mana lagi yang mau dikunjungi ?? hahaa.. i’m so interest!! Sure!
thanks to: Pak B.A, Bu Tarmi, Pak Juni & smw operator gd. C, G & P

1 tanggapan pembaca ^_^:

Erwin mengatakan...

Punya hp ibu Tarmi kah mba, klo ada share ke WA saya 081225396973 terima kasih ya, semoga sukses

Posting Komentar

 
Copyright 2011 HandsLife. Designed by Cute Templates Blogger.
Thanks to: Link 1, Link 2, Link 3.