Rabu, 16 Februari 2011

Kerja Praktek Pusdiklat Migas Cepu

Sekarang post tentang Pusdiklat Migas Cepu.. sekilas info aja buat yang akan melaksanakan kerja praktek di sana.

Pusdiklat Migas terbagi atas beberapa unit kerja. Tiap-tiap unit memiliki tugasnya masing-masing. Berikut adalah penjelasan singkat dari beberapa unit tersebut:
1. Unit Power Plant
adalah unit kerja di Pusdiklat Migas yang bertugas menyediakan pasokan listrik ke semua bagian perusahaan.Pada Pusdiklat Migas Cepu, pembangkit tenaga listrik menggunakan tenaga diesel (PLTD) dengan jumlah generator yang tersedia adalah 9 buah dan kapasitas totalnya sebesar 7020 kVA. Bahan bakar utama dari mesin diesel ini adalah berupa solar yang jika unit kilang beroperasi, maka bahan bakar diperoleh dari hasil produksi sendiri. Merk-merk genset yang terdapat di unit Power Plant ini adalah genset Cummins, MAN, Mitsubishi dan Ford.

2. Unit Water Treatment
Unit water treatment adalah unit kerja di Pusdiklat Migas yang bertugas menyediakan kebutuhan air ke semua bagian perusahaan.

3. Unit Kilang
Unit kilang bertugas melakukan pengolahan minyak mentah yang bertujuan menghasilkan berbagai macam bahan bakar serta hasil-hasil lainnya sesuai dengan keperluan dan spesifikasi yang dibutuhkan.

4. Unit Waxplant
Wax atau lilin adalah kristal hidrokarbon yang sebagian besar tersusun dari senyawa normal parafin dan sedikit senyawa iso-parafin. Residu dari proses kilang diolah PH solarnya pada Wax Plant menjadi batik wax yang banyak digunakan dalam industri batik. Pertimbangan lain untuk mengolah PH solar adalah kesulitan dalam menampung dan tidak langsung dapat dipasarkan.

5. Unit Boiler Plant
Boiler Plant adalah unit yang ada di Pusdiklat Migas Cepu yang bertugas :
Menyediakan steam (uap) untuk proses kilang
Menediakan udara bertekanan
Menyediakan air pendingin (cooling water)
Meyediakan air lunak

6. Unit LK3
Unit LK3 dibentuk dengan tujuan untuk mencegah dan menanggulangi segala sesuatu yang menyebabkan kecelakaan kerja baik yang secara langsung berpengaruh terhadap proses produksi, sehingga sumber-sumber produksi dapat digunakan secara efisien dan produksi dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti.

Sebenernya kerja praktek saya di Pusdiklat Migas yang beralamatkan : Jalan Sorogo 1, Cepu 58315, Blora – Jawa Tengah ini sudah agak lama, tepatnya bulan September tahun 2010. Tiba-tiba pengen ngepost aja waktu mau ngerapihin data-data di notebook, liat ada file hasil kerja praktek dan gak tega ngeliatnya terbengkalai gitu aja.

Kalo mau...ada link buat download file tinjauan sistem yang lebih lengkapnya nih --> LINK
Semoga bermanfaat, teman-temaan :)

Nb:
untuk masalah kelengkapan data inventarisnya, sesuai dengan yang dimiliki oleh pihak Pusdiklat Migas Cepu sampai pada bulan September tahun 2010. Data sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebutuhan perusahaan.

Thanks a lot to:
Pak Putra Ariyanto, dkk @Water Treatment Plant atas segala keramahan dan arahannya
Mas Mei, dkk @Power Plant atas bantuan dan dukungannya
Teman-teman Kerja Praktek Pusdiklat Migas Cepu periode September 2010 atas kehangatan dan perhatiannya

3 tanggapan pembaca ^_^:

Herman ganbatte mengatakan...

assalamualaikum mbak...,
saya rencana mau praktek industri di pusdiklat cepu., mau tanya prosedur menyampaikan prosedur ke sana itu seperti apa mbak?? apakah bisa di kirim lewat pos atau harus langsung kesana., kemudian surat izinnnya itu di sampaikan kpd siapa mbak??
terimakasih sbelumnya., mohon di balas mbk,.

jelangpagi mengatakan...

Wa'alaikum salam warrahmatullahi wabarrakatuh.

Pengalaman kemarin saya masukin proposal penelitian, surat ijin kerja praktek dari kampus & transkrip nilai (IP) melalui saudara dari teman saya yang kebetulan kerja disana. Sekitar 2 minggu kemudian telepon ke pusdiklat migas utk konfirmasi apakah proposal sudah benar-benar diterima pihak HRD atau belum. Balasan surat dari pusdiklat migas baru masuk ke kampus sekitar sebulan setelah pengiriman proposal. Setelah dapat kepastian diterima, telepon lagi ke pusdiklat tanya2 tentang pakaian yg harus dipake di sana, kelengkapan yang harus dibawa, waktu kerja & hari libur.

Kalau mau tanya-tanya bisa langsung telepon ke nomor ini dek :
0296 421888
untuk prosedurnya, proposal & perlengkapan apa saja yang perlu dikirimkan ke pusdiklat migas cepu. Soalnya kurang tahu juga, sekarang prosedurnya sudah berubah atau belum.

ulin nuha mengatakan...

numpang tanya Mas/Mbak...
kalo persyaratan kerja praktik di pusdiklat itu apa aja ya?, misal minimal IPK, dll
dan masa kerja praktiknya berapa bulan?, untuk periode juga bulan apa aja?

Poskan Komentar

 
Copyright 2011 HandsLife. Designed by Cute Templates Blogger.
Thanks to: Link 1, Link 2, Link 3.